Selasa, 02 Desember 2008

Manajemen versus Kepemimpinan

Sering kita rancu terhadap pengertian kedua kata tersebut. Apakah perbedaan yang jelas antara manajemen dan kepemimpinan ?
Manajemen adalah suatu proses pencapaian tujuan organisasi melalui usaha orang lain. Dengan demikian manajer adalah orang yang senantiasa memikirkan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam definisi tersebut tidak disebutkan secara jelas, apakah kegiatan tersebut untuk organisasi industri atau perusahaan. Yang jelas dikemukakan adalah, bahwa manajemen dapat diterapkan pada setiap organisasi, apakah perusahaan, pendidikan, rumah sakit, organisasi politik dan bahkan keluarga.
Agar organisasi tersebut dapat berhasil mencapai tujuan, maka diperlukan manajemen. Dengan kata lain, agar dapat mencapai tujuan, organisasi harus melewati suatu proses kegiatan kepemimpinan. Kegiatan pencapaian tujuan organisasi lewat kepemimpinan itu dinamakan manajemen.
Kepemimpinan dan manajemen memang seringkali disamakan pengertiannya oleh banyak orang. Walaupun demikian, antara keduanya terdapat perbedaan yang amat penting untuk diketahui. Pada hakikatnya, kepemimpinan mempunyai pengertian agak luas dibandingkan dengan manajemen. Manajemen merupakan jenis pemikiran yang khusus dari kepemimpinan di dalam usahanya mencapai tujuan organisasi. Kunci perbedaan diantara kedua konsep ini adalah terletak pada istilah organisasi.
Kepemimpinan dapat terjadi setiap saat dan dimanapun asalkan ada seseorang yang berusaha untuk memepengaruhi perilaku orang lain atau kelompok, tanpa mengindahkan bentuk alasannya. Dengan demikian kepemimpinan bisa saja terjadi karena berusaha mencapai tujuan seseorang atau tujuan kelompok dan itu bisa saja sama atau tidak selaras dengan tujuan organisasi. Dalam arti yang luas, kepemimpinan dapat dipergunakan setiap orang dan tidak hanya terbatas berlaku dalam suatu organisasi atau kantor tertentu. Rumusan lain mengatakan, bahwa kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi perilaku orang lain, atau seni mempengaruhi perilaku orang lain, seni mempengaruhi perilaku manusia baik individu maupun kelompok. Kepemimpinan tidak harus dibatasi oleh aturan-aturan atau tata krama birokrasi. Kepemimpinan tidak harus terjadi dalam suatu organisasi tertentu, melainkan kepemimpinan bisa terjadi dimana saja, asalkan seseorang menunjukkan kemampuannya untuk mempengaruhi perilaku orang lain ke arah tercapainya tujuan tertentu.
Apabila kepemimpinan itu dibatasi oleh tatakrama birokrasi maka ia dinamakan manajemen. (sumber : Miftah Thoha ; 2005; PO, Konsep Dasar dan Aplikasinya)

Tidak ada komentar: