Selasa, 09 Desember 2008

Model Perilaku dalam Oraganisasi

Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan perilaku organisasi ?

Perilaku organisasi adalah suatu studi yang menyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam suatu organisasi atau suatu kelompok tertentu. Ia meliputi aspek yang ditimbulkan dari pengaruh organisasi terhadap manusia dan sebaliknya, aspek yang ditimbulkan dari pengaruh manusia terhadap organisasi.
Apakah tujuan praktis dari penelaahan studi ini ?
Tujuan praktis penelaahan studi ini adalah untuk mendeterminasi/menentukan bagaimanakah perilaku manusia itu berusaha mempengaruhi tujuan organisasi.
Perilaku organisasi, dengan demikian adalah perilku individu dan kelompok dalam organisasi. Dalam organisasi perusahaan, hasil kerja atau performance seseorang dapat dipandang sebagai perilaku dalam bekerja. Perilaku positif atau negatif dalam bekerja dapat dilihat dari bagaimana performansi atau hasil kerjanya.
Seperti kita ketahui bahwa organisasi adalah kumpulan individu yang bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi, maka dengan demikian dalam organisasi bisa muncul ragam perilaku individu.
Apakah yang mempengaruhi perilaku individu ?
  1. karakteristik individu (misalnya : kemampuan seseorang, kebutuhan, kepercayaan, pengalaman, pengharapan),
  2. karakteristik organisasi (misalnya : hierarki, tugas-tugas, wewenang, tanggung jawab, sistem reward, sistem kontrol).

Penjelasan tersebut dapat diringkas dengan suatu rumusan hubungan fungsional yakni :

P = f (I,L) ; P merupakan fungsi I dan L ; Perilaku merupakan interaksi antara seorang individu dengan lingkungannya ; perubahan terhadap variabel I dan L akan mempengaruhi variabel P.

P adalah perilaku,

I adalah Individu,

L adalah Lingkungan

Tidak ada komentar: